Cara Mengubah DNS Server di Windows

Sedikit berbagi pengalaman tentang Cara Mengubah DNS Server di Windows.
monggo disimak,

Saat Anda menrubah server DNS di Windows, Anda akan mengubah server yang digunakan Windows untuk menerjemahkan nama host (seperti www.google.com) ke alamat IP (seperti 173.194.220.121 ). contohnya anda menggunakannya untuk ping ke google di cmd (command Prompt)

 **ping google.com -t

Karena server DNS terkadang menjadi penyebab beberapa jenis masalah internet, perubahan server DNS bisa menjadi langkah pemecahan masalah yang baik.

Karena kebanyakan komputer dan perangkat terhubung ke jaringan lokal melalui DHCP , mungkin sudah ada server DNS yang dikonfigurasi secara otomatis di Windows untuk Anda.

Apa yang akan Anda lakukan di sini adalah mengesampingkan server DNS otomatis ini dengan orang lain yang Anda pilih.

Saya terus memperbarui daftar server DNS yang tersedia untuk umum, yang mana yang bisa dibilang lebih baik daripada yang disediakan ISP Anda secara otomatis. Lihat bagian Server DNS Gratis & Publik kami untuk daftar lengkap.

Tip: Jika PC Windows Anda terhubung ke internet melalui router di rumah anda, dan Anda ingin server DNS untuk semua perangkat yang terhubung ke router tersebut untuk berubah, sebaiknya Anda mengubah pengaturan di router dan bukan pada Setiap perangkat

Bagaimana Mengubah Server DNS di Windows ?

Berikut adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk mengubah server DNS yang digunakan Windows. Namun, prosedurnya sedikit berbeda tergantung versi Windows yang Anda gunakan, jadi pastikan untuk mengingat kembali perbedaan tersebut ,saat anda mengubahnya.

Tip: Lihat Versi Windows yang Anda Miliki?
Jika kamu tidak yakin


  • Buka Kontrol Panel .

    Tip: Jika Anda menggunakan Windows 8.1 , ini jauh lebih cepat jika Anda memilih Network Connections dari Power User Menu , dan kemudian melompat ke Langkah 5.



  • Setelah di Control Panel , sentuh atau klik Network and Internet . 

Hanya pengguna Windows XP : Pilih Sambungan Jaringan dan Internet dan kemudian Sambungan Jaringan pada layar berikut, lalu lewati ke Langkah 5. Jika Anda tidak melihat Network and Internet Connections , silakan pilih Network Connections dan langsung ke Langkah 5.


Catatan: Anda tidak akan melihat Jaringan dan Internet jika tampilan Panel Kontrol Anda diatur ke ikon Great Large atau Small icons . Sebagai gantinya, cari Network and Sharing Center , pilihlah, lalu lompat ke Langkah 4.
  • Di jendela Network and Internet yang sekarang terbuka, klik atau sentuh Network and Sharing Center untuk membuka applet itu .
  • Sekarang jendela Network and Sharing Center terbuka, klik atau sentuh link Change adapter settings , yang terletak di margin kiri. 
Pada Windows Vista , link ini disebut Manage network connections .

  • Dari layar Network Connections yang baru ini, cari koneksi jaringan yang ingin Anda ubah pada server DNS. 


Tip: Koneksi kabel biasanya diberi label sebagai Ethernet atau Local Area Connection , sementara yang nirkabel biasanya diberi label sebagai Wi-Fi .



Catatan: Anda mungkin memiliki sejumlah koneksi yang tercantum di sini, namun biasanya Anda dapat mengabaikan koneksi Bluetooth manapun, dan juga dengan status Tidak Terhubung atau Dinonaktifkan . Jika Anda masih mengalami masalah dalam menemukan koneksi yang benar, ubah tampilan jendela ini menjadi Details dan gunakan koneksi yang mencantumkan akses Internet di kolom Connectivity .


  • Buka koneksi jaringan yang ingin Anda ubah pada server DNS dengan mengklik dua kali atau dua kali mengetuk ikonnya.
  • Pada jendela Status koneksi yang sekarang terbuka, ketuk atau klik pada tombol Properties .
  • Pada jendela Properties koneksi yang muncul, gulir ke bawah dalam hubungan. ini menggunakan item berikut: daftar dan klik atau sentuh Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4) atau Internet Protocol (TCP / IP) untuk memilihnya.
  • Ketuk atau klik tombol Properties .
  • Pilih Gunakan alamat server DNS berikut: tombol radio di bagian bawah jendela Internet Protocol Properties . 

Catatan: Jika Windows sudah memiliki server DNS khusus yang dikonfigurasi, tombol ini mungkin sudah dipilih. Jika demikian, Anda hanya akan mengganti alamat IP server DNS yang ada dengan yang baru selama beberapa langkah berikutnya.

  • Di ruang yang tersedia, masukkan alamat IP untuk server DNS Preferred serta server DNS Alternatif . 


Tip: Seperti yang saya sebutkan di atas, lihat daftar Server DNS Gratis & Publik saya untuk koleksi server DNS yang diperbarui yang dapat Anda gunakan sebagai alternatif dari yang diberikan oleh ISP Anda.

Catatan: Anda dapat masuk hanya ke server DNS Preferred , masukkan server DNS Preferred dari satu provider dengan Secondary DNS Server dari server lain, atau bahkan memasukkan lebih dari dua server DNS dengan menggunakan bidang yang sesuai yang terdapat dalam pengaturan Advanced TCP / IP. Area tersedia melalui tombol Advanced ....

  • Ketuk atau klik tombol OK . 

Perubahan server DNS berhasil. Anda sekarang dapat menutup jendela Properties , Status , Network Connections , atau Control Panel yang terbuka.

Cukup sekian untuk article kali ini ,silahkan anda coba ,jika anda belum mengerti anda bisa langsung komen dibawah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel