Hindari kesalahan penyebab Cpu PC Komputer anda cepat rusak


Dalam beberapa kasus ,setidaknya ada segelintir orang tidak tahu bagaimana merawat PC (Personal computer) nya sendiri.
namun disamping itu mereka hanya tahu memakainya saja,maka dari itu.article kali ini akan sedikit membahas tentang bagaimana anda merawat PC (Personal Computer)anda.
Sebenarnya ada beberapa alasan dan penyebab cpu komputer anda rusak dan hang, namun saya akan membahas poin pentingnya saja.

kesalahan penyebab Cpu PC Komputer anda cepat rusak


Voltase daya arus Listrik

Sebelum anda menghidupkan dan menjalankan sebuah pc ,perlu diketahui dan diperhatikan bahwa arus voltase dirumah anda stabil. yaitu voltase dari PLN langsung harus stabil yaitu di 220v.
Untuk mengecek voltase nya ,anda bisa menggunakan alat avometer atau anda bisa mencari bantuan pada orang yang bisa atau ahli di bidang kelistrikan. jika anda sudah cek hasilnya kurang dari 220v.
maka saya sarankan untuk memakai Stabilizer ,stabilizer ini berguna untuk menstabilkan aliran listrik ketika voltase aliran turun,naik .alat ini dapat menstabilkan arus listrik ,dan mengeluarkan volt 220v.
di stabilizer biasanya ada 2 output ,yaitu 220v dan 110v. gunakan 220v jangan pernah di 110v ,karena kebanyakan di indonesia alat electronik memakai 220v,jarang memakai 110v ,disamping itu stabilizer ini tidak hanya untuk PC komputer saja ,namun anda dapat menggunakannya untuk alat electronik lainnya seperti,kulkas,tv,AC,dll.

Shutdown Langsung Menekan Tombol ON/OFF

Hindari mematikan Cpu komputer anda langsung dari tombol ON/OFF, Kesalahan ini patal jika sering dilakukan .yaitu cepat rusaknya pada hardware hardisk.
karena kenapa ,karena pada saat komputer ON atau menyala didalam hardis ada piringan kecil yang berputar dan jarum yang berfungsi membaca data ,ketika anda langsung mematikan sebuah cpu tanpa shutdown di interface,hardis akan tergores karena jarum yang membaca pringan itu yang masih berputar ,biasanya hardis akan bad sector.


Debu

Perhatikan debu yang menempel di pc anda ,karena menumpuknya debu didalam sebuah komponen akan menghambat kerja sebuah hardware,lakukan pembersihan debu ,jangan sampai menumpuk didalam sebuah PC,karna seringkali orang malas membersihkan debu-debu itu.

Fan atau Kipas

Sesudah anda memperhatikan Poin pertama tadi dan mulai menjalankan PC anda ,perhatikan Fan atau kipas yang menempel pada komponen-komponen lain,apakah berputar baik ,atau tidak.
Karena ini dapat menyebabkan CPU komputer Overheat ,Suhu didalam Cpu Komputer terlalu Tinggi hingga menyebabkan Cpu mati.
Memperhatikan suhu Processor anda juga penting ,anda bisa melihat suhu processor dengan bantuan software contohnya : Specy,HWmonitor dll.
jika anda melihat suhu processor anda tidak normal dan tinggi ,anda bisa melihat apakah fan processor yang berada di atas processor tersebut berjalan dengan baik,dan bila perlu lihat Pasta processornya.bisa jadi pasta kering,jika anda tidak sanggup melakukannya anda bisa minta bantuan orang lain yang ahli dan tahu di bidangnya.

Virus

Ketika anda sudah memulai menghidupkan PC tentu perangkat komputer anda membutuhkan antivirus, virus banyak sekali macamnya ,ada yang bisa hapus data anda ,membuat crash OS (Operating System) ,Blue Screen,dll.
Gunakan antivirus yang sesuai selera anda ,ada banyak software aplikasi untuk antivirus ,contohnya Avira,AVAST,AVG, dll.

Program File Sytem :C

Jangan pernah utak-atik apalagi menghapus data di program file :C ini karena akan menyebabkan OS anda Corupt Crash,cukup saja Loca Disk :C ini menjadi System saja,dan saya sarankan jika anda ingin menyimpan sebuah data ,seperti music ,vidio, dan lain-lain anda bisa menyimpan di Drive lain ,Seperti di Local Disk :D .

Nah itu dia article,sebagian untuk merawat Pc dan Kesalahan penyebab Cpu PC Komputer anda cepat rusak.
Semoga bermanfaat untuk anda yang baru mengoprasikan PC komputer.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel