Membuat blog (blogspot) gratis bagi pemula



Memiliki sebuah blog ,merupakan suatu kebanggaan tersendiri.khususnya bagi seseorang yang gemar menulis selain kita bisa sharing tentang apa yang ada dalam pikiran melalui postingan yang dapat dibaca orang lain.
Selain itu ,jika kita benar-benar tekun. blogger juga dapat menghasilkan uang atau membayar.

Saya biasanya menyarankan membuat blog menggunakan domain dan hosting Anda sendiri, dan membuat blog Anda melalui WordPress (.org).

Kami telah banyak berbicara tentang blog WordPress yang di-host sendiri di posting sebelumnya, dan tidak ada keraguan bahwa ini menyajikan platform blogging yang lebih baik bila dibandingkan dengan platform blogging gratis seperti BlogSpot.com dan WordPress.com.

Namun, banyak pemula yang ingin memulai blogging tidak ingin melakukan investasi awal dana untuk membuat blog,dan ini menjadi hambatan tersendiri untuk memulai blogging hosting

Ada banyak platform blogging yang menawarkan pengguna kemampuan untuk membuat blog gratis. Jika Anda mencari blog gratis sederhana, saran saya adalah memulai blogging dengan WordPress.com atau BlogSpot.com.

Begitu Anda memiliki beberapa pengalaman blogging, Anda bisa maju dan menjadi lebih profesional dengan blog WordPress yang di-host sendiri.

BlogSpot memungkinkan Anda membuat blog gratisan, namun memang memiliki keterbatasan.

Namun, seperti yang saya sebutkan di atas, untuk pemula, ini adalah cara yang bagus untuk belajar membuat blog dan memulai proses blogging.

Membuat Blog Gratis Blogspot


Sebelum memulai tutorial, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui:

  • BlogSpot adalah platform blogging yang didukung oleh Google. Ini memberi Anda kesempatan untuk memulai sebuah blog, namun semua gambar Anda akan dipandu oleh Picasa (juga bagian dari Google). BlogSpot, dalam pengertian ini, adalah platform blogging Google-sentris.
  •  jika tujuan blog Anda adalah menghasilkan uang dan memiliki blog yang profesional dalam penampilan, saya akan merekomendasikan agar Anda membuat blog Anda menggunakan WordPress. Ini mudah, dan dengan bantuan panduan WordPress gratis eksklusif kami, Anda dapat membuat blog Anda dalam 60 menit berikutnya.

Langkah-Langkah untuk Membuat Blog Gratis di BlogSpot:

Untuk membuat situs blog BlogSpot gratis Anda, pergilah ke BlogSpot.com dan masuk menggunakan akun Google Anda. Jika Anda tidak memiliki akun Google (gmail), Anda dapat membuatnya secara gratis.

Untuk pengguna pertama kali, Anda akan melihat opsi untuk menggunakan identitas dari profil Google Plus Anda, atau Anda dapat menggunakan profil BlogSpot terbatas Anda. Saya sarankan untuk menggunakan profil Google Plus Anda.

Setelah anda masuk, klik "new blog" atau klik link ini untuk langsung ke sana: Buat blog gratis

Beri nama blog Anda:

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan nama dan memilih domain Anda. Saya sarankan Anda membaca "Cara Memilih Nama Domain" untuk informasi tambahan.


Catatan:
**Hindari menggunakan nama pribadi Anda sebagai nama domain, dan sebagai gantinya gunakan beberapa nama domain generik yang bisa Anda merekkan nanti dengan domain khusus.

Anda kemudian dapat memilih template blog (Anda bisa mengubahnya kapan saja), dan klik "Create Blog".





Sekarang blog anda sudah dibuat, tapi anda belum selesai!

Ada beberapa pengaturan yang perlu Anda atur di blog BlogSpot yang baru dibuat agar mudah digunakan.

Anda sekarang berada di dasbor BlogSpot di mana Anda akan melihat backend blog Anda. Dari sini Anda bisa menuju ke "Settings" dan membuat perubahan untuk meningkatkan visibilitas blog Anda.

Berikut adalah tangkapan layar dari apa yang seharusnya Anda lihat:

 View blog : Gunakan tombol ini untuk melihat blog anda

Dari sini anda bisa klik "Posts"> "New post" dan mulailah menulis postingan blog anda yang pertama!

Tapi sebelum Anda menulis posting pertama Anda, saya akan merekomendasikan Anda untuk pergi ke "Pages" dan membuat setidaknya satu halaman "About" yang menggambarkan siapa Anda dan apa blog Anda.

Anda dapat membaca posting saya mengapa Anda memerlukan halaman "Tentang" untuk blog Anda.
Yang terpenting,
Disini saya mengharuskan untuk merubah template blog anda ,karena untuk desain template default saya kira membosankan

Disini saya telah mengumpulkan daftar template BlogSpot gratis yang bisa anda download dan install di blog anda. Sebagai alternatif, Anda bisa pergi ke "Settings"> "Template" dan mengubah template dari sana.





Di halaman ini, Anda juga bisa menambahkan logo ke header blog BlogSpot Anda, dan menambahkan atau menghapus berbagai fitur lainnya.




Maka saya katakan blog anda selesai dibuat ,mulailah memulai postingan anda.
Happy blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel